Cara Membuat Halaman Portrait dan Landscape Dalam Satu File
Cara Membuat Halaman Portrait dan Landscape Dalam Satu File
Gimana sih Cara membuat halaman portrait dan landscape agar menyatu dalam satu file dokumen Microsoft Word ? pertanyaan-pertanyaan seperti ini sering saya temui dari rekan kerja maupun dari teman yang jauh disana.

Saat membuka program Microsoft Word biasanya kita akan di hadapkan ke lembar baru yang bentuknya berdiri (portrait) ya, karena memang setelan default nya seperti itu, tetapi bilamana kita mengubahnya ke bentuk melebar kesamping (landscape) maka untuk halaman selanjutnya akan mengikuti halaman pertama yang dirubah dan bahkan semua halaman akan ikut berubah juga. Bukan hanya dokumen baru, bahkan dokumen yang pernah di buat sebelumnya pun jika kita merubah orientasi satu halaman misalnya ke landscape maka semua halamam akan menjadi lanscape juga.

Terkadang dalam pembuatan dokumen di Microsoft word kita membutuhkan lembar kerja yang berdiri panjang (portrait) dan melebar kesamping (landscape) yang harus di satukan dalam satu file dokumen, misalkan ketika hendak membuat proposal, tentu saja di sehuah proposal pasti ada anggaran biaya yang harus di gambar dengan tabel bukan? Nah, misalkan dalam tabel tersebut membutuhkan kolom yang banyak, tentu saja kalau dibuat ke bentuk portrait tabel tersebut tidak akan muat kalau di paksakan pun pasti harus mengubahnya dengan font yang kecil. Hmm, bakalan tidak kelihatan dong, terkadang cukup merepotkan bila ada pekerjaan seperti ini. Maka tidak heran sebagian orang memilih untuk memisahkannya menjadi beberapa file agar tidak berantakan dokumennya dan pastinya setalah di print harus menyusun ulang lagi, padahal kalau kita sudah tahu cara ini sangat mudah sekali dilakukan.

Berikut ini akan saya berikan tutorial bagaimana cara mengubah halaman dari portrait ke landscape tanpa mempengaruhi halaman sebelumnya.

  • Letakan kursos di halaman yang akan dibuatkan bentuk orientasi yang berbeda. Contoh disini saya akan mengubah halaman dua menjadi landscape, maka kursor tempatkan pada halaman 2. sebaiknya kursor letakan  pada bagian paling atas halaman yang akan di rubah orientasinya
  • Selanjutnya pilih menu Page Layout pada menu bar di bagian atas lanjutkan dengan klik tanda panah kecil di bagian bawah kanan.
  • Pada bagian Orientation pilih  Landscape
  • Selanjutnya pada kolom "Apply to:" pilih this point forward
  • Klik OK
  • Selesai

Bagaimana, mudah sekali bukan? Demikian artikel Cara Membuat Halaman Portrait dan Landscape Dalam Satu File Dokumen Microsoft Word saya sampaikan untuk anda.

No comments