Flash Sony Xperia Tipo
Flash Sony Xperia Tipo
Bagi Anda pemilik Sony Xperia Tipo yang sedang mengalami masalah berupa bootloop (tidak bisa masuk ke menu utama), sering error atau masalah yang lainnya, pasti menjengkelkan bukan? Apalagi kalau hp tersebut hanya satu-satunya bagaimana mau dipake komunikasi kalau begitu, mending kalau hidup ini udah nggak bisa masuk ke menu utama karena ketika dihidupkan hanya berhenti di logo "SONY" saja. Hmm, pasti jengkel bukan? saya sendiri juga pernah dilema karena hal ini, tetapi anda tidak perlu khawatir karena di posting kali ini saya akan memberitahu anda bagaimana cara memperbaikinya.

Meski saat ini saya tidak lagi menggunakan Sony Xperia Tipo tetapi ada kenangan yang tidak bisa dilupakan dengan si tipo yaitu bootloop ketika gagal melakukan tweak. Atau mungkin anda memiliki masalah lain seperti lupa membackup rom bawaan sony sebelum menginstall custom rom, error, sering restart sendiri dan lain sebagainya, untuk dapat memperbaiki masalah tersebut solusi terbaiknya adalah dengan cara di flash atau install ulang, yang namanya install ulang berarti semua akan kembali seperti semula bukan? Maka dari itu sebaiknya Anda tidak perlu khawatir dan janganlah terburu-buru untuk membawanya ke service centre.

Identiknya flash dilakukan kalau Sony Xperia Tipo mengalami kerusakan yang lumayan parah seperti yang di tulis dalam judul posting ini yaitu BOOTBOOP, karena bila hanya kerusakan kecil seperti error, tidak bisa install aplikasi, lemot dan masalah lain yang tidak terlalu parah masih bisa di perbaiki dengan cara mereset data pabrik melalui menu pengaturan ataupun mode CWM, itu juga sama halnya seperti flashing dengan mereset data maka perangkat akan kembali seperti semula lagi. Tetapi bilakerusakannya berupa bootloop atau perangkat error sehingga tidak sempat untuk mereset melalui pengaturan maka flashing lah solusi terbaik untuk mengatasinya.

Tutorial Flash Sony Xperia Tipo

Persiapan
  • PC/Laptop (Rekomendasi Windows 7)
  • Kabel Data (usahakan yang original)
  • Flashtool download >DISINI<
Download Firmware Xperia Tipo ST21i dibawah
  • Firmware ST21i_11.0.A.4.16 >DISINI<
  • Firmware ST21i_11.0.A.4.22 >DISINI<
  • Firmware ST21i_11.0.A.4.27 >DISINI< 
Firmwarenya download salah satu saja, Extract dan simpan baik-baik. Tested ST21i_11.0.A.4.27 Work
Sekarang kita mulai !
1. Install flashtool-0.9.5.0-windows.exe di PC/Laptop Anda
2. Pada pilihan "Select Choose components to install" gulirkan ke bawah, kemudian berilah tanda centang pada Flashmode drivers dan Fastboot drivers. Lihat gambar dibawah

3. Langkah selanjutnya buka Windows explorer dan pindahkan/salin file firmware yang sudah Anda download tadi di atas ke folder C:\Flashtool\Firmwares. Perhatikan ini baik-baik, file firmware yang boleh di masukan ke dalam folder tersebut yaitu berformat (.ftf) maka extract dulu sebelum di paste kan ke folder tersebut.

4. Buka Software Flashtool dan klik tombol Petir, maka akan muncul menu pop up klik "Flashmode"


5. Sekarang tinggal pilih firmware yang tadi (salah satu saja) Pada pilihan "Wife" beri tanda centang pada Cache dan Data saja

6. Kemudian klik "Flash" yang ada di bagian bawah

7. Tunggu hingga muncul Popup dimana Anda akan disuruh untuk mengkoneksikan hh ke PC. Sebentar, jangan terburu-buru.

8. Sekarang tekan dan tahan tombol volume bawah kemudian tancapkan Sony Xperia Tipo Anda ke PC dengan begitu lampu led perangkat Anda akan menyala berwarna hijau.


 Jangan lepaskan tombol volume sebelum lampu led mati

Tunggu hingga proses Flashing selesai.

Demikian artikel [ Flashing ] Solusi Bootloop Sony Xperia Tipo ST21i saya sampaikan untuk Anda, semoga saja dapat membantu.

5 comments

  1. Anonymous3:26 PM

    gak nyala2 gan

    ReplyDelete
  2. Anonymous3:28 PM

    ttep gk bisa gan sudah iku tutor nya..

    ReplyDelete
  3. saya ganti touch screen untuk sony experia ST21i , tetapi malah sering hang dan suka mati sendiri , jadi dihidupkan ulang lagi, apa penyebabnya dan cara membetulkannya bagaimana ya bisa bantu agan, thanks

    ReplyDelete
  4. gan...hp saya ini rusak..setiap saya menjalankan aplikasi musik malah tak merespon,suara touchscreennya ilang,kadang status barnya gak muncul..,hp gua sony xperia tipo ST21i...bagaimana caranya gan supaya kembali semula?

    ReplyDelete